Monday, April 24, 2006

Panenan Ardian, hasil kebun sendiri...


Panen pertama!!! Horeee...!!!

Di Tallahassee banyak tumbuh pohon "Loquat" yang asal muasal nenek moyangnya berasal dari daratan Cina Selatan. Katanya mujarab untuk obat batuk (selain obat lapar). Pohon yang tumbuh di samping kanan halamanku ini masih kecil dan tidak pernah mati meskipun saat winter biasanya tanaman lain mengering pohon ini tetap segar. Niatnya tanam pohon ini supaya kalau pohonnya agak besar bisa meneduhi jendela kamar Melissa yang pas Summer biasanya bukan kepalang panasnya. Keanehan loquat, saat Fall/Autumn dimana daun2 dari pohon berguguran, justru mulai berkembang. Pohon lain berbuah di musim panas, loquat ini berbuah di musim semi - barengan dengan kembang-kembang spring di halamanku seperti azaleas, camelias, wisterias...

Nggak tahu bahasa Indonesianya apa, Loquat mengingatkan aku pada tekstur buah sawo - hanya lebih kecil dan warnanya kuning-orange dan kadang kemerahan. Ada sedikit rasa kecut yang bikin buah ini jadi lebih segar dibanding dengan sawo. Mungkin kalau rasa, padanannya lebih ke buah peach.

98 comments:

  1. oh...ini bisa dimakan ya? hi hi hi.... disini suka buat pagar, dipotong kotak dan buahnya jarang dimakan. Gak tau atau gak suka... gak jelas deh..... aku sendiri ragu mau ngicipin... Daunnya aku kenal banget dan bentuk buahnya serta ciri yg dijelaskan juga sama.

    ReplyDelete
  2. untuk tante aja.... tante doyan berries :D *kayaknya doyan semua deh*

    ReplyDelete
  3. Iya bener... di halaman belakang aku cabutin, lagian yg doyan blackberries cuman daku. Dipinggir sungai menuju sekolahnya Cindil juga banyak dan sering ditebas sama city care soalnya bahaya buat anak anak yg lewat. Biasa deh..namanya anak anak kan suka iseng ntar kalo kena duri pemerintah juga yg pusing ngurusin. Makanya yg sepanjang sungai ditebang habis tapi muncul lagi ditebas lagi eh muncul lagi he he he...

    ReplyDelete
  4. mbak aku juga gak tau bhs indonya krn buah ini gak pasaran di asia tenggara, cukup terkenal di jepang dan cina, kalo di cina malah dibuat medicine.. abis dicari nama latinnya (Eriobotrya japonica) gak nemuin bhs indonya.
    Coba mbak baca disini

    ReplyDelete
  5. Jangan semua dong Tante... one for you, one for me...

    ReplyDelete
  6. Yeee.. dikau mah, An.... habis cerita tentang pear yang mubazir, sekarang loquat juga dianggurin aja... huuhuuuhuuuu.... nangis deh yang dimubazirin....

    ReplyDelete
  7. Iya nih, heran... usaha buat hidupnya kenceng banget, dan memang gampang merambat ke mana-mana.

    ReplyDelete
  8. Di dictionary bumbu-nya yang diposting Peppy kemarin ini - ada Loquat nggak, ya?

    ReplyDelete
  9. ada tapi tetep gak ada bhs indonya.. coba liat aja lsg kesini, mbak

    ReplyDelete
  10. Bagi dong Ardian, hasil panennya...
    Mbak, bentuk buah dan warnanya mirip markisa ya tapi sekilas juga mirip jambu biji, pengen liat bentuk dalamnya seperti apa?
    Baru pertama kali denger nama dan liat bentuknya, jadi nambah pengetahuan, thanks mbak Ari.

    ReplyDelete
  11. cute...little boy.off course sweetie, mommy love you very much!

    ReplyDelete
  12. Itu Ardian mba?? Cute banget yach....

    ReplyDelete
  13. Thank you, Peppy. Sudah aku lihat tadi, dan juga check di Wikipedia tapi yang ketemu bahasa yang lain-lainnya dari lou-gwat atau pipa (Chinese) sampai ke mousmoula (Greek), atau "Malta erigi" dalam bahasa Turki. Kalau nggak ada dalam bahasa Indonesia, ada dalam bahasa Jawa nggak ya...? Hehehe...

    ReplyDelete
  14. Dalamnya berstruktur mirip dengan sawo, hanya saja dagingnya sawo coklat sementara loquat ini kuning-orange, dan bijinya juga mirip biji sawo. Rasanya beda, loquat ada kecut-kecutnya...

    ReplyDelete
  15. Iya Mbak Indri, kalau dia tanya begitu, jawabanku panjang, "Off course, I love you very much, Baby..." Terus kalau dibalik, "Do you love Mommy?" dia jawabnya singkat saja, "Yes"

    ReplyDelete
  16. *blushing* (Thank you Tante Ratna...)

    ReplyDelete
  17. lho.. postingan ku mana kok gak sampe

    *celingak clinguk cari postingan*

    aku mau... aku mau....

    ReplyDelete
  18. Boleh... boleh.... mau yang mana?

    ReplyDelete
  19. Aku juga mau....aku juga mau...:D
    Dikasih ardian juga mau....he he he he.....cute abish.

    ReplyDelete
  20. He..he..he..he..he...maruk amat sih si Akang...

    ReplyDelete
  21. Lha yang ini super maruk... he..he..he..he..he.. barteran sama ade'nya Vilia, mau?

    ReplyDelete
  22. Iya disini juga banyak jual loquat. tapi saya gak tau apa rasanya dan gimana makannya mana harganya mahal jadi blum brani nyoba. Bisa tolong kasih tau bagaimana rasa dan gimana makannya????

    ReplyDelete
  23. Ambil yang banyak yach..abis itu minta tolong mama bikinin black berries pie atau buat campuran bikin pancake untuk sarapan ;-)

    ReplyDelete
  24. Saya baru tahu yang namanya loquat. Penasaran deh...
    Btw, saya kok sering membayangkan Mbak Ari ini identik dengan Mbak Dewi Sumedi yah? hehehe...kali karena sekota:). Sering ketemu blio, Mbak?

    ReplyDelete
  25. Duh, senengnya yang lagi panen...bagi donk kaka...! Tukeran deh sama manggis...emmm manisan ini lho, nyam...nyam!

    ReplyDelete
  26. hm nyam nyam nyam... jadi ngiler. nyobain dong.

    ReplyDelete
  27. iya, dan durinya kalo sudah nempel dikulit duuuh suakitnyaaaa

    ReplyDelete
  28. wuah yg abis panen kecapean nih....jangan2 ketiduran lagi hehe

    ReplyDelete
  29. Wueheheh... kalo soal rasa, harus dicoba sendiri Mbak, soalnya taste bud orang lain-lain. Subyektif banget. Menurut saya sih kalau rasa bisa dibandingkan seperti buah peach. Saya nggak bisa kasih perbandingan dengan buah korma segar soalnya lihat korma segar aja belum pernah...he..he..he...

    ReplyDelete
  30. Atau dicampurin di vanila ice cream ya, Tante Dewi?

    ReplyDelete
  31. Boleh... boleh... sini dong, metik sendiri dari pu'un nya, mumpung masih banyak tuh.

    ReplyDelete
  32. Black berries? Kalau yang sudah hitam keseluruhan buahnya, manis. Kalau pangkalnya masih ada warna kemerahan, manis agak asam. Kalau warnanya masih merah, asemmmm..

    ReplyDelete
  33. Kayak keselusuban gitu ya? Harusnya memang kalau metik berries begini pakai sarung tangan kok... masa' metik buah cetek kayak gini harus pakai menderita segala kan suntuk juga.. hehehe..

    ReplyDelete
  34. hahahahahahahahaha *sambil guling2 dan mukul lantai*
    ardian seru, ya????
    cool!!!!

    ReplyDelete
  35. Iya nih, kayak yang panen berapa kuintal atau berapa truk aja.... ini sih udah usaha mati-matian dapatnya cuma ecek-ecek doang dapet sepiring doang juga duuuuh.... berries disayang-sayang, di-itungin dari one sampai ten, terus balik one lagi...hehehe...

    ReplyDelete
  36. Jawabannya singkat, tapi meaningful...
    Emaknya udah puas dengernya kok, daripada berpanjang-panjang nanti pinter bikin rayuan gombal lagi... kayak emaknya heheheh...

    ReplyDelete
  37. Boleh, Tante. Ayo kita melingkar nanti Ardian bagi... one for Tante Moureen, one for me, one for Tante Peppy, one for me, one for Mommy, one for me.... pinter berhitung tuh Ardian.

    ReplyDelete
  38. Di Bandung lagi musim manggis, ya? Wah, itu sih favorite daddy-nya Ardian, Bang Ganteng! Dulu mah kalau lagi musim waaah... tiap hari musti ada manggis di meja. Di sini adanya manggis di kaleng, nggak se enak buah segar. Lumayanlah buat obat kangen kampung halaman. Tapi kita sering beli-nya justru jus manggis yang dibikin ekstrak-nya itu lho... katanya sehat banget.

    ReplyDelete
  39. Mungkin karena nggak diperhatikan aja, padahal pasti banyak di situ, Mbak Mamiek... Di sini sih saking banyaknya di pinggir jalan sampai nggak ada yang jual di supermarket, hehehe... Gimana kabarnya Ibunda, Mbak Mamiek? Masih di sini? Pesan saya tentang pot kembang itu sudah disampaikan? Plus sekarang sampaikan salam sungkem saya ya...

    ReplyDelete
  40. Keren juga ya, hehe jadi tertarik.. ouyy...

    tanaman Loquat itu apa mudah ditemuin di jalan-2 ya di Tally ?
    Soalnya dulu saya lihat banyak pohon pear di sekitar alumnae village, dan kebuang-buang gak ada yang manen :)

    ReplyDelete
  41. Loquat banyak ditemukan di sini, terutama di lingkungan perumahan, Oom Yopi. Karakteristik pohon loquat - daunnya evergreen. Jadi tepat banget untuk peneduh terutama saat Summer. Kalau Oom Yopi mau, saya kirim bijinya terus tanam di Jakarta, mau?

    Di Alumni Village itu kebanyakan dihuni orang internasional yang sopan-sopan, nggak asal main petik buah di jalanan *takut dimarahin sama yang punya*. Mangkanya buah nggak ada yang panen, berguguran begitu saja sepanjang jalanan, dan nggak ada yang mungutin juga.(kangen Alumni Village, Oom?).

    ReplyDelete
  42. Di rumah temenku dulu di Indo ada pohon yang mirip ini, tapi rada lupa-lupa ingat namanya apa. Disebutnya sawo juga, apa sawo manila ya? Tapi ujung buahnya sedikit meruncing, tidak tumpul. Warnanya juga kuning.

    ReplyDelete
  43. Kalau membandingkan botanical term-nya, dari klasifikasi sampai jenisnya, sawo manila bukan loquat Mbak Juli.... Hayooo... siapa bisa tolong cariin nama Indonesianya, atau Jawanya deh, kalau ketemu aku girang banget ...

    ReplyDelete

  44. Wah serunya! Selamat panen ya, terutama untuk Ardian. Keren deh sudah bisa memanen hasil tanaman sendiri! ;D. Salam dari Faiz (dia jadi pingin punya kebun juga dej ;)). Luv

    ReplyDelete
  45. Surprised nih... Mama Ardian sampe bengong dan garuk-garuk kepala, ngimpi apa divisitin Bunce-nya Mas Faiz. Salam dan peluk yang banyak dari Ardian buat Mas Faiz yang ganteng dan pinter, nanti Ardian belajar nulis sama Mas Faiz ya... dan Ardian gantian ngajarin Mas Faiz berkebun. Gampang kok Mas, tinggal rajin-rajin lihat di pinggir driveway pasti ada blackberries ajaib yang nggak usah ditanam tapi bisa numbuh sendiri. Luv balik!

    ReplyDelete
  46. Mbak In, sudah aku tambahin foto Loquatnya satu lagi supaya Mbak Indri bisa lihat dalamnya seperti apa. Bijinya mengkilat kaya' kecik, biji sawo. Mau aku kirim bijinya, Mbak? Siapa tahu bisa tumbuh di situ. Aku dijapri deh kasih alamatnya.

    ReplyDelete
  47. Ardian rajin yah... bantuin mamanya...

    ReplyDelete
  48. Dear::: Dr & Mrs Ari M Peach,beserta Putra&putri tersayangnya^...,YTS...,

    SALAAMS[Peace]

    Hola,semua...,wwoww...,acik-acik dech Taman//kebunnya,apik-apik[itu buahnya Oma Ies,ndak
    nolak dech klo dikasih &terutama bijinya klo ada//babynya pohon]pengen tanam dech tuk di-ma'em//buat obat batuknya Oma^[maklum wis tuwir]"Adrian"tambah handsom and rajin^bantuin
    Momnya,panen buahnya[^_^}good Boy^[^_^] peluk-cium sayang tuk kalian ber-dua ya'bersama
    Mbaknya nan Cantik^,any way...,

    Salam panenan^ &Salam persahabatan sejati^
    Have A Good Great Saturday^
    EIS^[De Champac's familia^]Oma & Opa[Athens]XOX
    ================================================================XXX

    ReplyDelete
  49. Iya Oom, rajin makannya juga, tapi masih kolokan nih Oom... maunya dikupasin dan disuapin. Niru siapaaaa...ya? *sambil nyenggol daddynya Ardian*

    ReplyDelete
  50. Salam peace juga Bi Iesje De Champac van Athens. Hola, hola... Hari Sabtu ini kampung saya lagi bikin annual yard sale, kampung saya yang biasanya sepi jadi rameee...banget. Mobil dan orang seliweran bawa barang. Rumah saya biasanya jadi stasiun. Kalau sudah pada capek berburu yard sale, temen2 pada mampir untuk minum dan cari donat!! Main ke sini dong Bi... nanti dibantuin Ardian metik loquat. Saya kirim bijinya buat Bi Iesje hari ini deh, alamatnya nggak berubah 'kan? Salam persahabatan sejati juga, makasih banyak dan peluk cium buat Bi Iesje dan Opa De Champac dari Melissa dan Ardian juga.

    ReplyDelete
  51. OOOT,boleh ndak Oma Ies,nyuwun bibitnya[ndak akan nolak lho???]gimana ya' caranya???soal'eee disini yang makan duluan buah-buahan si Squilers dulu-an???
    payah dech[mungkin klo buah dari tiongkok itu kurang suka???]boleh ndak ada bibitnya//bijinya mau dunk si Oma sayangkuuu??? any way...,
    Salam Sayang tuk ber-empat
    Have a nice Saturday
    Kami ber-2[Athens]XOX
    ====================================================XXX

    ReplyDelete
  52. Ndak berubah alamat kami say kuuu[habis kita dah betah di Athens][^_^]
    Ini alamtku sayyy:::
    De Chamoac's familia^[Rositha Sw & Emilio F]
    350 Sunset Drive
    Athens,GA 30606-2850
    "USA"
    Phone:: 1+(706)208-9721^^^
    E-mail Address:: "Iesje Rositha"
    E-mail Address:::"Iesje Rositha"
    ID YM XOX
    =========================================================XXX

    ReplyDelete
  53. Black Berries ardian rendah ya...? di Tante puunnya tinggi, metiknya sampe lompat2an :)
    Slamat manen ya Nak...di Tante black berry-nya masih malu-malu niiiih, daunnya aja belum nongol.

    ReplyDelete
  54. Masih dingin banget di tempat Tante ya...? Lho, kok pohon blackberry-nya tinggi sih Tante? Buahnya sama nggak sih dengan berry-nya Ardian, Tan? Terus berduri juga nggak tuh pohonnya? Pasti susah kalau sudah berduri harus lompat-lompat pula mungutinnya... Kalau enggak berduri, wah Cherry 'kali tuh 'kan pohonnya tinggi.. hehehe... Blackberries Ardian sih merambat aja di tanah, paling tinggi semak-semaknya cuma sebatas dengkul Mama Ardian.

    ReplyDelete
  55. sekilas Loquat mirip peach (Arab:Khukh). Tapi agak beda sikit dengan peach, enak gak mbak kalo dibikin juicenya?

    ReplyDelete
  56. Betul Oom Dave, sekilas memang mirip peach, rasanya juga mirip peach banget. 'dah keburu habis sebelum sempat nyoba bikin juice loquat nih, soalnya masih asyik dimakan segarnya...

    ReplyDelete
  57. ardian, black berriesnya dibikin jam dong, biar tante ikut ngerasain...hu maunya...

    ReplyDelete
  58. Kalo Ardian panen-nya berkarung-karung sih bisa dibikin jam, Tante Ria... ini sih cuma segenggaman Mama Ardian doang langsung masuk mulut Ardian hehehe... Tapi kalau Tante Ria ngidam blackberries jam nanti Ardian bilangin Mama buat kirim jam buatan Publix supermarket supaya dede' yang di perut nggak ngiler. Nggak apa-apa 'kan Tante?

    ReplyDelete
  59. Di Bandung lagi musim hujan mba...hehe. Kalo manggis, diperam atau masak di pohon rasanya sama, manis... Kalo loquat gimana, mba?.
    Salam dari saya buat Daddy-nya Ardian. Kalo deket, mau deh saya kirimin manggis...kalo saya ngirim, lewat apa yah (mikir...?!)

    Seumur saya, rasanya baru denger nama buah ini...loquat...!
    Kalo dibawa ke Jakarta namanya bukan loquat lagi mba, tapi...gwquat! (just kidding)

    ReplyDelete
  60. Mbak Ari kapan panen Peach??? pingin banget liat kayak mana sih buah peach itu...

    ReplyDelete
  61. Aduh....buahnya pating grandul, jadi ngecessss mbak

    ReplyDelete
  62. wah tantenya boros ya, umpetin aja deh, dari pada di abisin ama tante pepy hehehe(padahal tante helien jua demen)

    ReplyDelete
  63. Saya panen Peach hampir 18 tahun yang lalu, Mbak Tari... (sekeluarga). Kalau panen peach nanti bulan ng... mikir dulu, Juli apa Agustus begitu pas lagi Summer. Wah Mbak, pengin deh kirim peaches segar ke Jepang buat Mbak Tari tapi takut busuk di jalan... hiks...

    ReplyDelete
  64. Kemarin Ardian main ke kompleks perumahan teman liat temen Ardian lagi lompat-lompat di bawah pohon sambil bawa stick buat mukulin... ternyata lagi pada ngunduh black berries yang dimaksud sama Mamanya Zarra.... (bayangin Mamanya Zarra lompat2 metik berries xixixi..) Baru 'ngeh, ini pohon berries yang tinggi, bukan yang semak-semak berduri banyak seperti yang ada di halaman rumah Ardian. Waktu kecil, eyang yut punya pohon beginian, kalau nggak salah disebutnya buah "murbai" ... bener nggak, ya?

    ReplyDelete
  65. The more the merrier, Tante.... Ayo ikutan melingkar di sebelah Tante Peppy biar kebagian breries juga: one for Tante Helien, one for Ardian...). Kata Mama Ardian mendingan kalau berries cuma segini buat main bekel aja, lempar bola bekel hup... ambil berry satu...

    ReplyDelete
  66. Kadang kalau terpetik Loquat yang agak kehijauan, diletakkan saja di atas kulkas besoknya sudah berubah kuning semua. Salamnya buat daddy-nya Ardian udah disampaikan. Pasti kepikiran terus sama doi deh, pengen cepet ke Bandung mau nagih manggis... hehehe... Sekarang mah, manggisnya dikirim aja lewat telepati dan kontak batin...xixixi...Makasih banyak ya, Kang Ganteng.

    ReplyDelete
  67. Ardian yg imoet, lain kali loquatnya taro di karung ya, yg buanyaaak, jgn cuma di piring, so tante dee juga kebagian :D

    ReplyDelete
  68. Wah, Ardian masih mikir-mikir... mau bagi sama Tante Dee nggak nih... Ardian tanya dulu sama Tante-Tante yang lain yang sudah antri duluan ya... Kalau buah cuma segini dikarungin, ya Ardiannya juga ikut masuk karung...hehehe...

    ReplyDelete
  69. Enak ya Mbak Ari, Loquatnya bisa ampe panen. Di tempatku ada juga, cuman gak pernah bisa sampe berbuah, cuman ampe berbunga doang, buah kecil2 terus gugur. Walau tempatku udah di selatan Perancis yg lebih anget udaranya tapi kayaknya gak bisa juga buat loquat ampe bisa dipanen.

    Aku pernah makan buah ini, tapi waktu berada di Beirut, Libanon. Di sana namanya Ekisehir, kalo gak salah inget.

    ReplyDelete
  70. ini buahnya bisa dimakan? ifa belum pernah liat buah ini, gimana rasanya manis atau asam mbak ari?

    ReplyDelete
  71. Bisa dimakan, Ifa.... kalau nggak ya ngapain juga Ardian panen hehehe..
    Malahan tiap panen Ardian yang ngabisin sebagian besar, doyan banget dia tuh...rasanya maniiis dan ada dikit asem-nya pokoknya segerlah. Mamanya sih cuma kebagian ngupasin kulitnya sama bersihin bijinya.
    Coba deh Ifa jalan-jalan keliling Tallahassee pasti lihat pohon loquat di mana-mana. Atau sok atuh mangga main ke rumah, di kampung saya juga ada beberapa tetangga yang punya pohon ini nanti kita jabanin...hehehe.. soalnya yang di pohon saya buahnya sudah tinggal satu-dua biji doang...

    ReplyDelete
  72. Aduh sayang banget ya Mbak Julia... padahal pohon peach-nya Mbak Julia 'kan bisa berbuah banyak tuh di kebonnya. Mau aku kirim bijinya, Mbak? Udah aku keringin buat dibagi-bagi siapa tahu ada yang mau coba tanam. Coba ditanam deket-deket pohon peach-nya siapa tahu mau berbuah.

    ReplyDelete
  73. Bi Iesje, terimakasih banyak untuk mail dan foto-fotonya. Maaf ya Bi baru sempat kasih tahu sekarang, karena kalau mau telpon selalu sempatnya malam di atas jam 10 - nanti malah ngeganggu yang tidur...hehehe... Salam and hugs dari kami sekeluarga buat Bi Iesje dan 'Mang Emilio...

    ReplyDelete
  74. aduh, ifa sampe gak liat jawaban mbak ari. maaf yah, maklumlah ifa masih rookie nich payeh. eh ari, itu suka di jual enggak di pulbix buahnya? pengen nyoba. ifa juga baru nanem pohon apel sebulan yang lalu dibelakang rumah, mudah mudahan gak mati, kali aja berbuah someday. di tallahassee banyak pohon yah ari, enak sejuk. di orlando sih banyaknya mobil dan tempat shoping trus, trafic macet melulu.

    ReplyDelete
  75. aduh, ifa sampe gak liat jawaban mbak ari. maaf yah, maklumlah ifa masih rookie nich payeh. eh ari, itu suka di jual enggak di pulbix buahnya? pengen nyoba. ifa juga baru nanem pohon apel sebulan yang lalu dibelakang rumah, mudah mudahan gak mati, kali aja berbuah someday. di tallahassee banyak pohon yah ari, enak sejuk. di orlando sih banyaknya mobil, tourists dan tempat shoping trus, trafic macet melulu.

    ReplyDelete
  76. Hehehe... welcome to Tallahassee, ibu kota dengan suasana desa...
    Di sini banyak pohon, banyak telaga dan springs, dan tanahnya cukup subur. Bagus dan tenang dan cocok banget buat kota pemerintahan - jadi gubernur nggak pusing kalau mau meeting kena macet... Lain dengan Orlando yang kotanya didirikan dari rawa-rawa, kalau mau tanam pohon lahannya harus diurug tanah dulu.

    ReplyDelete
  77. Ardian seneng ya hasil panennya banyak,mau donk...

    ReplyDelete
  78. Aku belum pernah makan buah ini rasanya seperti apa Mbak?

    ReplyDelete
  79. Ardian lagi bingung ya? mau kasi tante yg mana?

    ReplyDelete
  80. Aku belum pernah makan buah ini & belum pernah melihat pohonnya.

    ReplyDelete
  81. Meskipun pohon sekecil itu tapi menghasilkan buahnya lumayanlah selama lebih dari 2 minggu terus2an, tiap hari panennya dapat sepiring-sepiring... Ardian suka banget buahnya.

    ReplyDelete
  82. Rasanya persis seperti buah peach. Di Belanda banyak buah peach, kan?

    ReplyDelete
  83. Iyaaa... bingung nih, mau kasih Tante Erni nggak nih.... nggak usah aja deh *sayang*

    ReplyDelete
  84. Black berry ini di Indonesia juga banyak, kok... rasanya dan bentuknya persis buah murbai. Hanya saja black berry ini pohonnya semak-semak banyak banget durinya (lebih tajam dan lebih kecil dari pohon mawar), sementara pohon murbai itu bisa tinggi seperti pohon mangga, rambutan, dsb. Kebetulan di rumah Eyang dulu ada dua macam berry itu dan sering ngunduhin.

    ReplyDelete
  85. Iya banyak mbak,suami ku paling suka makan buah peac.

    ReplyDelete
  86. Gimana kalau di lotre siapa yg namanya keluar itu yg dapet,pls tulis nama ku semua ya..

    ReplyDelete
  87. boleh ga untuk tante berrynya, hehehhe....

    ReplyDelete
  88. hi mbakari mau dunkk dikirimin biji/bibit keringnya buah lou-gwat itu. aku posisinya di jakarta skrg n kayanya ga ada tuh bibitnya disini. pgn juga minta tolong dikirimin bibit blackberry ama raspberry ituu bahasa indonesianya apa yaah raspberry itu murbei bukan yaah? trus ama satu lage itu lohh bibit mawar belanda jg.. suka bgt ama bunganya tp mawar2 yg aku beli di indo bunganya beda kelopaknya ga seperti yg mawar belanda itu..
    boleh yaah mbakari help me plss? pls pm me di imelda_chang80@yahoo.com
    butuh bgt neh keempat bibit ini udah cari kemana2 ga nemu..susah bgt kayanya cari di jakarta..

    ReplyDelete
  89. Hallo Tante Erni apa kabar? Udah ready belanja kado buat Christmas ya... Jangan lupa kado buat Ardian ada 'kan, Tante...

    ReplyDelete
  90. Hallo Tante Lia. Boleh sih boleh... tapi kemarin tukang kebon main pangkas habis rata di tanah aja itu semak-semak berry-nya Ardian, alamat nggak bisa panen segera nih... nunggu numbuh lagi.

    ReplyDelete
  91. salam kenal mba ari, saya searching di google pake kata loquat akhirnya nemu sitenya mba ari. Kebetulan saya lagi tertarik ama buah ini. Kalau di daerah saya di Tanah karo (Brastagi) namanya BIWA.Sudah ada sejak dulu, setau saya dari kecil udh lihat dan pernah makan buahnya. Tapi mungkin varietasnya berbeda. yg saya liat di fotonya mba ari pohonnya kecil udah berbuah banyak..gede2 lagi he,he. Apa itu tanam dari biji ya tadinya? Kl ada waktu bisa share sedikit soal tanaman buah ini di sana. Apakah Ada yang Budidaya di kebun atau hanya buat tanaman pekarangan aja. trimakasih. www.ariangin.fotografer.net

    ReplyDelete
  92. Salam kenal kembali, Angin. Barusan saya lihat2 di blognya Angin, ternyata biwa atau loquat ini dibudidayakan di tanah Karo, ya? Betul pohon loquat di halaman rumah saya ini nggak tinggi - nggak setinggi yang di Brastagi itu. Buahnya juga lebih besar daripada biwa itu. Kami tanam dari pot, beli pohon yang masih kecil - mungkin setinggi setengah meter. Sekarang tingginya sekitar 5 meter, tapi kayaknya cuma segitu - nggak lebih tinggi lagi. Terus terang saya belum lihat yang membudidayakan tanaman loquat ini di sini, dan saya juga nggak lihat ada loquat di supermarket. Biasanya orang sini tanam loquat untuk pohon peneduh, bukan buat buahnya. Di pinggir jalan juga banyak saya temui pohon ini - buahnya sudah mateng2 di pohon sampai berjatuhan tapi nggak ada yang panen...

    ReplyDelete
  93. bahasa indonesia apa ya? kita sebut biwa aja deh he,he. Di jepang juga mereka sebut biwa kok. di indonesia selain brastagi sekitarnya blm tau ada ditanam dmn?..ini lagi saya coba tanam di depan rumah di bandung..entah nanti bisa berbuah atw engga he,he. kl di bdg kan suhunya ga terlalu dingin kyk di brastagi. Budidaya biwa di brastagi juga minim sekali mungkin krn kurang komersial,padahl rasa dan nutrition fact nya juga ga kalah dari jeruk yg mendominasi disana. Biwa di brastagi skrg ini lg musim berbunga mungkin desember musim berbuahnya.
    sayang ya disana pada ga doyan buahnya..padahal menurut literatur dulunya buah biwa kan makanan para bangsawan di cina ama jepang ha,ha..

    ReplyDelete
  94. mbak...bisa di tanam di indonesia gak yaa ?? cangkok in dong........

    ReplyDelete